Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian Makanan di Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta

Ni Putu Padma Widya Sari, Ida Ayu Eka Padmiari, Desak Putu Sukraniti

Abstract


Kepuasan pasien adalah harapan pasien yang timbul atas tindakan tenaga kesehatan sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan selama proses berinteraksi dalam upaya memberikan pelayanan (Pohan dalam Sutari, 2017). Salah satu pelayanan kesehatan yang tidak luput dari perhatian adalah pelayanan makanan di rumah sakit, yakni penyajian makanan. Berdasarkan data hasil penelitian yang ada, masih terdapat kesenjangan antara harapan pasien dengan pengalaman terkait pelaksanan penyelenggaraan makanan di rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap berdasarkan penyajian makanan di rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta. Jenis penelitian yang digunakan adalah literature review dengan mencari database dari berbagai referensi, seperti jurnal – jurnal penelitian terkait dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap penyajian makanan di rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta. Adapun jumlah jurnal yang dikaji dalam penelitian ini berjumlah sebelas jurnal. Sebagian besar hasil ketidakpuasan pasien berkaitan dengan rasa makanan,aroma makanan, penampilan makanan, dan pelayanan petugas. Tingkat kepuasan pasien di rumah sakit pemerintah berdasarkan tingkat kepuasan terhadap penyajian makanan diperoleh 107% lalu untuk rumah sakit swasta diperoleh hasil 105.83%. Meskipun banyak kekurangan diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk dijadikan sumber informasi dalam pengembangan di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan, referensi untuk penelitian dengan tema yang sama, serta pembaharuan data

Keywords


level of satisfaction, food presentation, hospitalized patients

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. R. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian Dan Pelayanan Makanan Yang Disajikan Di Rumah Sakit Condong Catur Yogyakarta.

Marlina, Y., Fitriani, & Ulfa, R. (2018). Gambaran Penampilan Makanan Dan Daya Terima Makanan Lunak Di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Jakarta. Naskah Publikasi, 1–20.

Masithoh, A. R., & Ayu Dewa Putri b. (2017). Hubungan antara pelayanan pemberian makanan dengan tingkat kepuasan pasien diruang bougenvile iii dan cempaka ii RSUD dr. Loekmonohadi Kudus. Indonesia Jurnal Perawat, 2(2), 69–73.

Nareswara, A. S. (2017a). Hubungan kepuasan pasien dari kualitas makanan rumah sakit dengan sisa makanan di rsud kota semarang. 01(01), 34–39.

Nareswara, A. S. (2017b). Hubungan kepuasan pasien dari kualitas makanan rumah sakit dengan sisa makanan di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indonesia, 01(1), 34–39.

Nuryani, Ramadhan, F., & Lestari, A. P. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Makanan Di Instalasi Gizi Rsud Dr. M.M Dunda Limboto. GHIDZA : Jurnal Gizi Dan Kesehatan.

Purnamasari, N. M. D., Padmiari, I. A. E., & Gumala, N. M. Y. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Denpasar. Ejournal Poltekkes Denpasar.

Putri Ronitawati, Michael, F., Laras, S., Sa’pang, M., & Dewanti, L. P. (2020). Hubungan Tingkat Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Makanan Terhadap Biaya Sisa Makanan Dan Zat Gizi Yang Hilang Pada Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta. Journal of The Indonesian Nutrition Association.

Rachmawati, A. D., & Afifah, C. A. N. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Penyajian dan Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit The Patient Satisfaction with Foodservice and Food Presentation in Hospital. Gorontalo Journal of Nutrition Dietetic.

Rochmah, N., Bintanah, S., & Handarsari, E. (2017). Faktor-Faktor Kepuasan Pasien dengan Sisa Makanan pada Pelayanan Gizi di Rumah Sakit Islam Arafah Rembang. Jurnal Univeritas Muhammadiyah Semarang, 46–55.

Sholeha, S., Kusindrati, Tanuwijaya, R. R., & Marini, R. (2018). Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(2), 55–58.

Syabilila, I., Achadi, E. L., & Mutiara. (2019). Efek Kepuasan Pasien terhadap Sisa Makan pada Pasien dengan Diet Lunak. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 28–34.




DOI: https://doi.org/10.33992/jig.v12i3.2158

Copyright (c) 2023 Ni Putu Padma Widya Sari, Ida Ayu Eka Padmiari, Desak Putu Sukraniti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Gizi : Journal of Nutrition Science Terindeks Pada :

Jurnal Ilmu Gizi : Journal of Nutrition Science Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats