Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmu Gizi : Journal of Nutrition Science?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Ilmu Gizi : Journal of Nutrition Science menerima artikel asli berupa hasil penelitian atau ulasan literatur  dalam bidang gizi yang belum pernah dipublikasikan.

Editor dapat menerima atau menolak artikel yang masuk, dan seluruh artikel tidak akan dikembalikan kepada pengirim. Dewan Redaksi juga berwenang mengubah artikel, namun tidak akan mengubah makna yang terkandung di dalamnya.

Persyaratan artikel adalah sebagai berikut:

  1. Diketik dengan huruf Arial 12 dalam 1 kolom, ukuran A4
  2. Jumlah maksimum adalah 10 halaman dan harus didaftarkan secara online. Proses pendaftaran dilakukan setelah penulis melakukan REGISTRASI untuk mendapatkan username dan password.

Isi artikel harus memenuhi sistematika sebagai berikut:

  1. Judul ditulis dengan ringkas dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris tidak lebih dari 14 kata, menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal pada bagian tengah.
  2. Nama lengkap penulis tanpa gelar ditulis di bawah judul, dicetak tebal pada bagian tengah. Di bawahnya ditulis institusi penulis.
  3. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kata "abstrak" diketik dengan huruf kapital, pada bagian tengah, dan isi dari abstrak diketik dalam satu paragraf, tanpa indentasi. Di bawah isi abstrak harus ditambahkan maksimum kata kunci, maksimal 5 kata. 
  4. Pendahuluan ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. 
  5. Metode Penelitian ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. Isi disesuaikan dengan bahan dan metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian.
  6. Hasil Penelitian ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. Bagian ini dapat dilengkapi dengan tabel maupun gambar bila diperlukan. Judul tabel ditulis di atas tabel, dengan posisi di tengah, sedangkan judul gambar ditulis di bawah gambar, dengan posisi di tengah.
  7. Pembahasan ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. Pada bagian ini, hasil penelitian ini dibahas dengan mengacu kepada literatur dan hasil penelitian lain.
  8. Kesimpulan dan saran ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. Simpulan dan saran disajikan secara naratif.
  9. Daftar Pustaka ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi menggantung 1 cm. Daftar Pustaka mengacu pada gaya Vancouver.

 

Copyright Notice

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di jurnal ini akan digunakan secara khusus kepentingan proses publikasi dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Article Publication: 250000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.