Kontribusi Hasil Belajar, Kecerdasan Emosi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Lulusan D-III Keperawatan

Ni Luh Putu Yuni Suntari, I Wayan Sukawana, I Made Oka Bagiarta

Sari


This research aim to know about the contribution of the study result, emotional question and job motivation factor toward the work performance of the graduated third diploma of nursing at Poltekkes Kemenkes Denpasar, who works in Sanglah General Hospital period of 2012. This is application research which applied the ex post facto, with correlational design. The research sample are 135 nurse. The result show that: 21,1% contribution of result study for work performance. Have 14,8% contribution of emotional question for work performance, and 33,2% contribution of job motivation factor for work performance. 21,3% contribution together between study result, emotional question, and job motivation for work performance.


Kata Kunci


Hasil belajar; Kecerdasan emosi; Motivasi kerja; Kinerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Ed. Red. Cetakan Ke-2. Jakarat. Penerbit Bumi Aksara.

Aswar, Saifuddin. 2001. Tes Prestasi: Fungsi dan pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Ed II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Atkinson, Rita L. 1996. Pengantar Psikologi. Terj. Ed 11. Batam: Interaksara.

Departemen Kesehatan RI. 2006. Rancangan Pedoman Pengembangan Sistem Jenjang Karir Profesional Perawat. Jakarta : Direktorat Keperawatan dan keteknisian Medik Dirjen Yan Med Depkes RI.

Duarsa, A.W.S. 2005. Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Pengguna Jasa Pelayanan Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Sanglah Denpasar 2004. Tesis Magister Manajemen. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

Goleman D. 2003. Kecerdasan Emosional. Terj. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hall, Elizabeth. 1983. Psychology Today. An introduction. New York: Random House

Hunneryager, S.S., I.L. Heckman. 1992. Motivasi dan Perilaku. Semarang: Dahara Prize.

Ilyas. 2002. Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM Universitas Indonesia.

Mangkunegara, AP. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Cetakan Ketiga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nursalam. 2002. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Prawitasari, J.E. 2006. Dapatkah pendidikan dan pelatihan kerja menghasilkan sosok pemimpin bagi masyarakat Indonesia? Dinamika Masyarakat, V, 2, 934-944.

Purwanto, Heri. 1999. Pengantar Perilaku Manusia untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabelvariabel Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Srimindarti, 2006. Balanced Scorecard Sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. Semarang: STIE Stikubank.

Suarni, Ni Ketut. 2004. Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Umum Bali dengan Strategi Pengelolaan Diri Model Yates (Studi kuasi eksperimental pada siswa kelas I SMU di Bali). Disertasi yang tidak dipublikasikan. Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33992/jgk.v6i1.1711

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Jurnal Gema Keperawatan diindeks oleh :

 

Jurnal Gema Keperawatan berada dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats