Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Gema Keperawatan yang diterbitkan oleh Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Denpasar merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan menyebarluaskan berbagai tulisan ilmiah dalam bidang keperawatan. Jurnal ini telah terakreditasi Sinta peringkat 4 dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor 105/E/KPT/2022

Jurnal ini menerima naskah berupa hasil riset baik kuantitatif maupun kualitatif dan studi kasus. Cakupan bidang keperawatan yang termasuk dalam jurnal ini antara lain: 

  • Keperawatan komunitas
  • Keperawatan jiwa
  • Keperawatan anak
  • Keperawatan maternitas
  • Keperawatan medikal bedah
Jurnal Gema Keperawatan menggunakan template yang telah diperbaharui sejak terbitan Volume 14. 

 

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Kebijakan Review Jurnal Gema Keperawatan adalah :

  1. Setiap naskah yang masuk akan dilakukan proses review oleh reviewer.
  2. Proses Review menggunakan Blind Review, artinya reviewer tidak mengetahui indentitas penulis, dan penulis pun tidak mengetahui identitas reviewer.
  3. Dalam proses review, reviewer memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian antara judul, abstrak, pembahasan (hasil temuan) dan kesimpulan. Selain itu reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah dan referensi yang digunakan.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Gema Keperawatan terbit 2 kali dalam satu tahun setiap bulan Juni dan Desember

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

Jurnal Gema Keperawatan menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya apa pun. Pengguna diperbolehkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan/mencetak salinan untuk penggunaan pribadi dan non-komersial, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.