Perbedaan Perilaku Personal Hygiene Anak Prasekolah Sebelum dan Sesudah Diberikan Video Animasi di Taman Kanak-Kanak Nara Budhi Suari

Ni Kadek Mita Widiari, Ni Nyoman Budiani, I Gusti Agung Ayu Novya Dewi

Abstract


Personal hygiene anak adalah salah satu kemampuan yang harus diajarkan sejak dini. Personal hygiene yang kurang banyak terjadi pada anak yang mempunyai sikap negatif dengan prevalensi 53,3% dibandingkan dengan yang mempunyai sikap positif dengan prevalensi 5,6%. Pendidikan berupa video animasi dapat dijadikan modifikasi pembelajaran, karena video animasi dapat menampilkan gambar menarik sesuai dengan karakter anak yang suka berimajinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku personal hygiene anak prasekolah sebelum dan sesudah diberikan video animasi. Metode pada penelitian ini menggunakan pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan data primer dari pedoman wawancara sebelum dan sesudah diberikan video animasi. Sampel sejumlah 34 orang dengan teknik simple random sampling. Uji statistik menggunakan uji Wilxocon (α<0,05). Hasil dari uji statistik yaitu median pengetahuan sebelum diberikan intervensi 50, sesudah diberikan intevensi menjadi 90. Pada median sikap sebelum diberikan intervensi 70, sesudah diberikan intervensi 90. Pada median praktik sebelum diberikan intervensi 70, sesudah diberikan intevensi 95 dengan nilai p pada masing-masing pengetahuan, sikap dan tindakan p = 0,000 < α (0,05). Simpulannya adalah terdapat perbedaan pada perilaku personal hygiene anak prasekolah sebelum dan sesudah diberikan video animasi sehingga dapat disarankan video animasi dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan perilaku personal hygiene anak.

 

 


Keywords


Personal Hygiene; Anak Prasekolah; Video Animasi.

References


UNESCO. 2021. Early Childhood Care and Education. https://en.unesco.org/themes/early-childhood-care-and-education. Diakses tanggal 17 Desember 2021.

Asthiningsih, N. W. W. dan Wijayanti, T. 2019. Edukasi Personal Hygiene pada Anak Usia Dini dengan G3CTPS. Jurnal Pengabdian untuk Kesejahteraan Umat. 1(2): 84-92.

Burugana, A. 2017. Studi Deskriptif Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene pada Anak Prasekolah di TK Mekar Jaya Semarang. Program Studi S1 Keperawatan. Universitas Muhammadiyah Semarang. Jawa Tengah.

Triasmari, U. dan Kusuma, A. N. 2019. Determinan Personal Hygiene pada Anak Usia 9-12 Tahun. Faletehan Health Journal. 6(1): 37-44.

Aprilie, V. R., Majid, D. Y. A., Rini, P. S., 2019. Hubungan Pola Asuh dan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Personal Hygiene pada Anak Usia Sekolah di SD Muhammadiyah 14 Balayuda. Healthcare Nursing Journal. 2(1).

Siswanto, Zaelansyah, Susanti, E., Fransiska, J. 2019. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Generasi Unggul dan Sukses. Jurnal Paramurobi. 2(2): 31-40.

Aminingsih, S. Dan Warsini. 2021. Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Cuci Tangan Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan. 9(1): 1-60.

Novelia, S. dan Hazizah, N. 2020. Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2): 1037-1048.

Maharani, P. A., Azizah, E. N., Susdarwati, 2021. Pengaruh Video Animasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. Journal of Childhood Education) 5(1): 159-173.

Dhida, T. T. 2021. The Effect of Animation Video Learning Media on Social Emotional Development of Early Children: A Literature Review. Early Childhood Education and Development Journal. 3(1):47-58.

Listiadesti, A. U., Noer, S. M., Maifita, Y. 2020. Efektivitas Media Video Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah: A Literature Review. Jurnal Menara Medika. 3(1): 54-65.

Hernawati, 2019. Upaya Mengembangkan Imajinasi Anak Melalui Metode Contextual Teaching dan Learning (CTL) di TK Islam Bina Insan Kamil. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 1(1): 110-128.

Siregar, H. 2017. Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di A AL-Muttaqin. S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Sari, A. N. 2016. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Mengenai Perilaku Seksual Remaja di SMK Kesehatan Donohudan Boyolali. Jurnal STIKESMUS.

Ginting, M. B. 2018. Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2): 159-171.

Nilma, Z., Ilyas, A., Yusri. 2017. Karakteristik Anak Bungsu. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 5(3):109-114.

Jannah, G. N. dan Dewi, A. C. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelompok A TK Nurul Huda Demak. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Usia Dini. 6(1):64-84.

Irawan, D. C., Rafiq, A., Utami, F. B. 2021. Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2): 294-301.

Widiasari, Y. dan Pujiati, D. 2017. Pengasuhan Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Pekerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal. 2(2): 68-77.

Yuliasri, T. R., Nugraheny, E., Atika. 2015. Perbedaan Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Ilmu Kebidanan. 1(2): 1-11.

Ngewa, H. M. 2019. Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Yaa Bunayya Journal. 1(1): 96-115.




DOI: https://doi.org/10.33992/jik.v11i1.2451

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Kebidanan (The Journal of Midwifery)
Published by Midwifery Department of Health Polytechnic, Ministry of Health, Denpasar
Jl. Raya Puputan No. 11A, Renon, Denpasar, Bali
Phone: +62 812-3974-4087
Website: http://www.poltekkes-denpasar.ac.id/kebidanan//
Email: jikpolkesden01@gmail.com

ISSN: 2338-669X (Print)
ISSN: 2721-8864 (Online)
DOI : 10.33992/jik

"