Hubungan Tingkat Motivasi Wanita Usia Subur Dengan Keikutsertaan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat di Desa Bajera

Ni Luh Lanny Suartini, Gusti Ayu Marhaeni, Ni Nyoman Suindri

Abstract


Kanker servik merupakan penyakit yang menduduki peringkat ketiga kematian di Indonesia, kasus baru setiap tahunnya mengalami peningkatan. Angka kematian oleh kanker servik pada tahun 2020 adalah sembilan persen. Tingginya angka kematian ini disebabkan karena 70% kasus ditemui pada stadium lanjut. Kanker servik dapat dideteksi dengan metode inspeksi visual asam asetat (IVA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat motivasi wanita usia subur (WUS) tentang pemeriksaan IVA dengan keikutsertaan pemeriksaan IVA di desa Bajera. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian adalah WUS yang ada di desa Bajera. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik proposional simple random sampling jumlah sampel 94 orang. Instrument pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan koefisen kontigensi (x2) dengan tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat motivasi dengan keikutsertaan pemeriksaan IVA (p = 0.01). Desa diharapkan memberi perhatian pada WUS terhadap keikutsertaan pemeriksaan IVA, bagi tenaga kesehatan untuk memperluas sosialisasi tentang IVA.


Keywords


motivasi; wanita usia subur; pemeriksaan IVA.

References


Kemenkes R.I. 2015. Panduan Nasional Gerakan Pencegahan Dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahin Dan Kanker Payudara. Kemenkes RI. Jakarta.Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Profil Kesehatan Indonesia 2019.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2016. “Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan.” Jakarta: Rineka Cipta.

Arysha, Vani Olin, Heru Santosa, and Sri Rahayu Sanusi. 2020. “The Effect of Extrinsic Motivation on Housewife Actions in IVA Test in the Working Area of Community Health Center at Bandar Kalipah.” Britain International of Exact Sciences (BIoEx) Journal 2(1):352–56.

Hartati, Ni Nyoman, Nengah Runiari, and Anak Agung Ketut Parwati. 2014. “Motivasi Wanita Usia Subur Untuk Melakukan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat.” Poltekkes-Denpasar.Ac.Id.

Manullang, Melati. 2018. “Hubungan Motivasi Dan Sikap Wus Dengan Deteksi Dini Kanker Serviks Pada Pemeriksaan Iva Di Puskesmas Medan Johor Kota Madya Medan Tahun 2018.” Poltekkes Kemenkes Medan.

Ika Widayanti, Putu. 2019. “Hubungan Dukungan Suami, Motivasi, Dan Sikap Dengan Perilaku Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) Pada Pasangan Usia Subur Di Wilayah Kerja P Puskesmas Wirobrajan Kota Yogyakarta Tahun 2017.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Rohmah, A. (2016). Proksi Untuk Mengukur Tingkat Kepercayaan Dan Tingkat Motivasi Dalam Knowledge Sharing Mahasiswa Di Kelas Aplikasi Informasi Akuntansi. Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(1), 14-20.

Masturoh, E. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Usia Subur (Wus) Dalam Melakukan Deteksi Dini Kanker Serviks Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva). UNNES 1–148.

Djamarah, S. B. 2015. Pendekatan Dan Metode Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Wulandari, S. 2019. Hubungan Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Kanker Serviks Dengan Keikutsertaan Dalam Melakukan IVA Test Di Puskesmas Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2018.Jurnal Martenity and Neonatal 2(6):327–40.

Chrystianty, Nelly. 2018. “Hubungan Persepsi Wanita Pasangan Usia Subur Tentang Inspeksi Visual Asam Asetat Dengan Motivasi Pemeriksaan IVA.”

Suarniti, N.W., Setiawan dan Tasya, M. 2013. Pengetahuan Dan Motivasi Wanita Usia Subur Tentang Tes Inspeksi Visual Asam Asetat Di Provinsi Bali. Bali Artikel Ilmiah. 125-140.

Suparti, S. dan Riawati, D. 2017. Hubungan Tingkat Motivasi Terhadap Perilaku Kader Posyandu Pada Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks Melalui Iva Test Di Desa Sukorejo, Kecamatan Musuk Boyolali Tahun 2017. Jurnal Kebidanan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33992/jik.v9i2.1523

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Kebidanan (The Journal Of Midwifery) Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats