Pengaruh Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas X Kabupaten Badung

a.a bagus suryantara, Ni Wayan Rika Kumara Dewi

Abstract


Latar Belakang: Salah satu faktor kunci keberhasilan penatalaksanaan hipertensi adalah kepatuhan dalam meminum obat hipertensi. Kepatuhan minum obat sangat diperlukan untuk mengendalikan tekanan darah pada pasien hipertensi untuk menghidari terjadinya komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 133 pasien hipertensi di suatu Puskesmas di Kabupaten Badung yang dipilih dengan menggunakan teknik acak sederhana. Kriteria inklusi meliputi pasien yang terdiagnosa medis hipertensi oleh Dokter dan pasien hipertensi yang berkunjung untuk berobat ke Puskesmas. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang valid dan reliabel. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan uji statistik chi-square, hasıl dari penelitian menunjukan Bahwa responden yang memiliki motivasi tingi sebanyak (53,6%) dan responden yang mendapat dukungan keluarga tinggi sebesar (66,2%). Hasil  uji statistik korelasi menunjukkan ada pengaruh yang Kuat antara motivasi dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi. Dapat disimpulkan bahwa dimana responden yang memiliki motivasi tinggi dan dukungan keluarga yang tinggi akan berpengaruh kuat terhadap kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi.


Keywords


Hipertensi, Motivasi, dukungan keluarga, Kepatuhan Minum Obat

Full Text:

PDF

References


American Heart Association. (2020). International Society of Hypertension Global Hypertension Practice Guidelines (Vol. 75, Issue 6).

Riskesdas. (2018). Laporan Nasional RIKESADAS 2018.

Departemen Kesehatan RI. (2012). Profile Kesehatan Indonesia 2012.

Dinkes Kabupaten Badung. (2020). Profil Kesehatan Kabupaten Badung 2020.

Utami, R. S., & Raudatussalamah, R. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kepatuhan Berobat Penderita Hipertensi di Puskesmas Tualang. Jurnal Psikologi, 12(2), 91.

Nurmainah, Fudholi, A., & Dwiprahasto, I. (2014). Kepatuhan Penggunaan Antihipertensi Sebagai Prediktor Laju Kejadian dan Biaya Rawat Inap. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi, 4, 1–8.

Pramana, G. A., Dianingati, R. S., & Saputri, N. E. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Peserta Prolanis di Puskesmas Pringapus Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product, 2(1), 52–58. https://doi.org/10.35473/ijpnp.v2i1.196

Handayani, S., Nurhaini, R., & Aprilia, T. J. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Dalam Mengkonsumsi Obat Antihipertensi Di Puskesmas Jatinom. Cerata Jurnal Ilmu Farmasi, 10(2), 39–44.

Banifi, A. S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penatalaksanaan Kontrol Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Gondokusuman II. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 1(2), 22–32.

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 4). Salemba Medika.

Wahyudi, C. T., Ratnawati, D., & Made, S. A. (2018). Pengaruh Demografi, Psikososial, Dan Lama Menderita Hipertensi Primer Terhadap Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi. Jurnal JKFT, 2(2).

Ningrum, S. P., & Sudyasih, T. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Di Puskesmas Seyegan Sleman Yogyakarta.Muhammadiyah Public Health Journal, 3, 1–11. http://digilib.unisayogya.ac.id/4623/

Hanum, sari, Puetri, N. R., Marlinda, & Yasir. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan, Motivasi, Dan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Public Health Journal, 10(1), 1–23.




DOI: https://doi.org/10.33992/jsh:tjoh.v20i2.3143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats