Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL SKALA HUSADA : THE JOURNAL OF HEALTH?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN

Judul

Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan informatif, singkat, dan tidak terlalu panjang atau pendek dengan font Arial, ukuran 11 pt Bold, 1 spasi. Terdiri dari variabel-variabel yang diteliti dan menggambarkan isi naskah. Judul tidak mengandung singkatan atau rumus. 

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak ditulis secara ringkas, tentang gagasan yang paling penting dan memuat masalah atau tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan maksimal 300 kata. Jika artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia, abstrak harus ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan benar. Jika artikel ditulis dalam bahasa Inggris, abstrak harus ditulis hanya dalam bahasa Inggris. Abstrak untuk setiap bahasa hanya boleh ditulis dalam 1 paragraf dengan format 1 kolom. Kata kunci berisi kata-kata utama yang terdiri dari 5 kata.

PENDAHULUAN

Bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi tanpa sub judul dalam bentuk paragraph, memuat: Latar belakang atau rasional penelitian, Landasan teori (kajian pustaka secara ringkas), Rumusan tujuan penelitian. 

BAHAN DAN METODE

Bagian bahan dan metode berisi; Rancangan penelitian, Teknik pengumpulan dan sumber data, Analisa data.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil harus jelas dan singkat. Hasil yang disajikan dalam tabel dan gambar tidak harus diulang tidak perlu dalam teks. Hasil harus disajikan tanpa interpretasi dan diikuti oleh bagian diskusi yang harus menyediakan interpretasi hasil dalam kaitannya dengan temuan peneliti lain. Diskusi harus mengeksplorasi pentingnya hasil pekerjaan, bukan mengulanginya. Hasil gabungan. Bagian diskusi sering tepat. Hindari kutipan dan diskusi literatur yang diterbitkan secara luas.

Tabel dan Gambar

Tabel 1. Ukuran huruf 11, dengan menggunakan style case.



Gambar 1. Contoh gambar

KESIMPULAN

Kesimpulan harus dinyatakan dengan jelas. Kesimpulan utama / ringkasan penelitian dapat disajikan dalam bagian Kesimpulan singkat, yang dapat berdiri sendiri atau membentuk sub bagian dari Bagian Hasil dan Diskusi.

REFERENSI 

Penulisan Daftar Pustaka menggunakan format Vancouver Style. 

Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (Buku, Jurnal ilmiah, dan prosiding, dll) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 15 daftar pustaka acuan. Penulisan pustaka rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan Mendeley, Zotero atau End Note. Penulisan daftar pustaka sebagai berikut:

  1. Lin HY, Lee YT, Chan YW, Tse G. Animal models for the study of primary and secondary hypertension in humans. Biomed Rep. 2016;5(6):653-9. https://doi.org/10.3892/br.2016.784 

  2. Lawhead JB, Baker MC. Introduction to veterinary science. Clifton Park (NY): Thomson Delmar Learning; 2005. 

  3. Chapter pada Buku yang Memiliki Editor

  4. Meltzer PS, Kallioniemi A, Trent JM. Chromosome alterations in human solid tumors. In: Vogelstein B, Kinzler KW, editors. The genetic basis of human cancer. New York: McGraw-Hill; 2002. p. 93-113.

  5. Agustin P. Pengaruh Pemberian Nanokristal Kuersetin terhadap Gagal Ginjal Akut yang Diinduksi dengan Gentamisin [Skripsi]. Padang: Fakultas Farmasi Universitas Andalas; 2017. 

  6. Pullen LC. Antibiotic Resistance Continues to be a Problem in Children [Internet]. Medscape. 2017 [cited 29 December 2017]. Available from: https://www.medscape.com/viewarticle/860801



 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang telah disebutkan, itu tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.