PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE CERAMAH DENGAN METODE CERAMAH KOMBINASI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN DAN TINDAKAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA

Ni Kadek Rastini, ni made marwati

Abstract


Abstract : Handwashing with soap is able to reduce diarrhea by as much as 45%, but the use of soap for hand washing only reaches about 3% of the entire community. Counseling is very important to increase the knowledge, attitude and practice of students in maintaining their own health. The purpose of this research is to know the difference of using lecture method with lecture method combination of video media to knowledge and action of handwashing with soap at Public Elementary School 1 Dawan Klod. The type of research used is Pre Experimental research type with The One-Group Pretest-Posttest Design. The population in this research is all the students of class II and III in Public Elementary School 1 Dawan Klod with the sample of research as many as 44 respondents. Data analysis using Mann Whitney test. The result of the research shows that there is no difference in the use of lecture method with video lecture method on knowledge and action handwashing with soap students (p value of knowledge = 0,283 and action = 0,361). Suggestions that can be given to Puskesmas can use lecture and video methods to improve the achievement of health promotion goals to school children about hand washing.

Keywords


Lecture; Video; Knowledge; Action

Full Text:

PDF

References


Kemenkes. Pedoman Umum Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. Kementerian Kesehatan RI.; 2016.

Mursida N. Pengaruh Media Booklet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa di SMP Negeri I Palibelo. Ilmu Keperawatan. Sekolah Tinggi Kesehatan Jenderal Achmad Yani.; 2016.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Lubis D. Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak Tentang PHBS di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013. 2013;

Anggraeni SE. Perbedaan Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Secara Langsung dengan Audio Visual Tentang Cuci Tangan Terhadap Praktik dan Perilaku Cuci Tangan. Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Kesehatan.; 2016.

Andrianus AA. Perbedaan Pengaruh Promosi Kesehatan Dengan Metode Video dan Modul Terhadap Praktik Cuci Tangan Pada Ibu Dengan Balita di Dusun Nglebeng Banguntapan Bantul Yogyakarta. Ilmu Keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan; 2016.

Azmidillah MR. Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Ceramah dan Media Leaflet Terhadap Perilaku Cuci Tangan di SDN Sungai Bahadangan Kecamatan Banjang Kabupaten HSU. Program Studi S1 Keperawatan; 2017.

Wibawa C. Perbedaan Efektifitas Metode Demonstrasi Dengan Pemutaran VideoTentang Pemberantasan DBD Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak SD di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. J Promosi Kesehat Indones. 2007;2(2).

Wati, N., Yuniar, N. & P. Pengaruh Intervensi Penayangan Video Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa SDN 10 Kabawo Tahun 2016. J Ilm Mhs Kesehat Masy. 2017;2(5):6.

Yustisa PF. Efektivitas Penggunaan Media Cetak dan Media Elektronika Dalam Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Siswa SD. J Kesehat Lingkung. 2014;4(1):29.

Kholid A. Promosi Kesehatan : Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan Aplikasinya untuk Mahasiswa dan Praktisi Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers; 2014.

Pratiwi D. Pengaruh Penyuluhan Metode Permainan Edukatif dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Pencegahan Penyakit Diare Pada Murid SD di Kecamatan Poasia Kota Kendari. Kendari: Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Halu Oleo.; 2015.




DOI: https://doi.org/10.33992/jkl.v8i1.344