Media Video Edukasi Efektif Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Title: Effective Educational Video Media to Improve Elementary School Students' Knowledge and Skills of Handwashing with Soap (silahkan di isi judul bahasa inggrisnya, jangan di buang atau di hapus)
Background: Counseling on hand washing with soap using educational video media has never been done in SD Negeri 2 Serangan and students do not know the steps to wash their hands properly. The purpose of the study was to determine the benefits of educational video media to improve the knowledge and skills of hand washing with soap of elementary school students.
Method: The type of research used Pre Experimental with One Group Pretest Posttest Design. Statistical test of increasing knowledge and skills of washing hands with soap after the intervention using Paired T-Test.
Result: The average knowledge before the intervention was 5.90 and after the intervention 8.38 with an increase of 42%, while the average skills before the intervention were 5.43 and after the intervention 7.49 with an increase of 39%. The results of the statistical test calculations using the Paired T-Test test showed that the asymp. Sig (2-tailed) value was 0.000 <α (0.05), both for student knowledge and skills.
Conclusion: There was an increase in knowledge and skills before and after washing hands with soap after being given an intervention in the form of counseling using educational video media. The increase was influenced by factors of media utilization, as well as additional information about hand washing.
ABSTRAK
Latar belakang: Penyuluhan cuci tangan pakai sabun menggunakan media video edukasi belum pernah dilakukan di SD Negeri 2 Serangan dan siswa belum mengetahui langkah mencuci tangan dengan benar. Tujuan penelitian mengetahui manfaat media video edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan cuci tangan pakai sabun siswa sekolah dasar.
Metode: Jenis penelitian menggunakan Pre Experimental dengan rancangan One Grop Pretest Posttest Design. Uji statistik peningakatan pengetahuan dan keterampilan cuci tangan pakai sabun setelah setelah dilakukan intervensi menggunakan uji Paired T-Test.
Hasil: Rata-rata pengetahuan sebelum intervensi adalah 5.90 dan sesudah intervensi 8.38 dengan peningkatan sebanayak 42% , sedangkan rata-rata keterampilan sebelum intervensi adalah 5.43 dan sesudah intervensi 7.49 dengan peningkatan 39%. Hasil perhitungan uji statistik menggunakan uji Paired T-Test diketahui bahwa nilai asymp. Sig (2-tailed) 0,000 < α (0,05), baik untuk pengetahuan dan maupun keterampilan siswa.
Simpulan: Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan sebelum dan sesudah cuci tangan pakai sabun setelah diberikan intervensi berupa penyuluhan dengan menggunakan media vidio edukasi. Peningkatan dipengaruhi faktor pemanfaatan media, serta tambahan informasi mengenai cuci tangan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahyanti, M. (2020). Sanitasi Pemukiman pada Masyarakat dengan Riwayat Penyakit Berbasis Lingkungan. Jurnal Kesehatan, 11(1), 44–50. https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1697
Aulia, F., Mirawati, M., & Sari, B. P. (2021). Video Edukasi Atraktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Cuci Tangan. Jurnal SMART Kebidanan, 8(1), 78. https://doi.org/10.34310/sjkb.v8i1.443
Herwanti, B., Angelina Febriani, C., & Ekasari, F. (2021). Pengaruh Edukasi Metode Bernyanyi dan Video Animasi Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan dengan Benar pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Hidayatullah. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(4), 647–654.
Listiadesti, AU. Nur, SM. V, Y. (2023). Jurnal Menara Medika https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/index JMM 2023 p-ISSN 2622-657X, e-ISSN 2723-6862. 5(2), 159–165.
Malta. (2023). The Concept of Strategy in Community Empowerment: A Literature Review. IINFLUENCE: International Journal of Science Review, V(3), 24–34.
Murwaningsih, S. (2016). Penerapan Cuci Tangan Pakai Sabun di SDN II Kota Karang Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan, 7(1), 148. https://doi.org/10.26630/jk.v7i1.132
Rastini, N. K., & Marwati, N. M. (2018). Perbedaan Penggunaan Metode Ceramah Dengan Metode Ceramah Kombinasi Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Tindakan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa. Jurnal Kesehatan Lingkungan (JKL), 8(1), 13–22. https://doi.org/10.33992/jkl.v8i1.344
Rizal, M. T. S., & Dewi, T. K. (2021). Pengaruh Video Tutorial Hand Hygiene Terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Sdn Cisengkol. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(2), 209–218. https://doi.org/10.37058/jkki.v16i2.2579
Sarashy, N. B. H., Cahyani, C. N., Fadhilah, L. N., Hanifah, S. Y., & Widiarini, R. (2023). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan di Lingkungan Sekolah. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 87–94. https://doi.org/10.47575/apma.v3i2.375
Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013b). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.
Triasmari, U., Nugraha Kusuma, A., Studi, P., Masyarakat, K., Stikes, F., & Serang, I. (2019). jurnal 1 KDP. Faletehan Health Journal, 6(1), 37–44.
Waliulu, YS.. Sudiadnyana, IW. Marasabessy, Nb. (2024). Komunikasi Kesehatan (1st ed.). CV Rey Media Grafika.
Wijayanti, Y., & Widyastari, H. (2018). Dasa Wisma Bebas Penyakit Berbasis Lingkungan Melalui Home Environmental Health and Safety. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 2(2), 171–180. https://doi.org/10.15294/higeia.v2i2.18321
Wulandari, & Aryana. (2019). Perbedaan Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Sebelum Dan Sesudah Dilakukan Promosi Kesehatan Melalui Pemutaran Video Tentang CTPS. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(2), 149–160.
DOI: https://doi.org/10.33992/jkl.v15i1.4068

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.