Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat (JPMS)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Editor dapat menerima atau menolak artikel yang masuk, dan seluruh artikel tidak akan dikembalikan kepada pengirim. Dewan Redaksi juga berwenang mengubah artikel, namun tidak akan mengubah makna yang terkandung di dalamnya.

Persyaratan artikel adalah sebagai berikut:

  1. Diketik dengan huruf Arial 12 dalam 1 kolom, ukuran A4
  2. Jumlah maksimum adalah 10 halaman dan harus didaftarkan secara online. Proses pendaftaran dilakukan setelah penulis melakukan REGISTRASI untuk mendapatkan username dan password.

Isi artikel harus memenuhi sistematika sebagai berikut:

  1. Judul ditulis dengan ringkas dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris tidak lebih dari 14 kata, menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal pada bagian tengah.
  2. Nama lengkap penulis tanpa gelar ditulis di bawah judul, dicetak tebal pada bagian tengah. Di bawahnya ditulis institusi penulis.
  3. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kata "abstrak" diketik dengan huruf kapital, pada bagian tengah, dan isi dari abstrak diketik dalam satu paragraf, tanpa indentasi. Di bawah isi abstrak harus ditambahkan maksimum kata kunci, maksimal 5 kata. 
  4. Pendahuluan ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. 
  5. Metode Penelitian ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. Isi disesuaikan dengan bahan dan metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian.
  6. Hasil Penelitian ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. Bagian ini dapat dilengkapi dengan tabel maupun gambar bila diperlukan. Judul tabel ditulis di atas tabel, dengan posisi di tengah, sedangkan judul gambar ditulis di bawah gambar, dengan posisi di tengah.
  7. Pembahasan ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. Pada bagian ini, hasil penelitian ini dibahas dengan mengacu kepada literatur dan hasil penelitian lain.
  8. Kesimpulan dan saran ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi 1 cm. Simpulan dan saran disajikan secara naratif.
  9. Daftar Pustaka ditulis dalam Bahasa Indonesia, dengan indentasi menggantung 1 cm. Daftar Pustaka mengacu pada gaya Vancouver.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Apakah artikel belum pernah dipublikasikan, atau tidak sedang diusulkan publikasi di jurnal lain?
  2. Apakah artikel berupa file ms.word, open.office, atau format rtf?
  3. Apakah sistematika artikel sudah sesuai aturan (gaya selingkung jurnal), termasuk daftar pustaka?
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

"KETENTUAN LISENSI":

Memungkinkan pengguna untuk menyalin dan mendistribusikan artikel, namun tidak disediakan untuk tujuan komersial dan lebih jauh tidak diizinkan untuk mendistribusikan artikel jika diubah atau diedit dengan cara apapun, menyediakan tautan ke lisensi, dan pemberi lisensi tidak direpresentasikan mendukung penggunaan.

Pernyataan itu mengacu pada:

Creative Commons CC-NoDerivates (CC BY-NC-ND):

Rincian lisensi tersedia di:

https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/.

 

PENULIS ADALAH "PEMEGANG HAK CIPTA":

Penulis setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama, secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan dan publikasi awal di jurnal ini.
  2. Penulis dapat untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta mendapatkan sitasi lebih dini dan lebih banyak dari karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh dari akses terbuka).

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di jurnal ini akan digunakan secara khusus kepentingan proses publikasi dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.