Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Kebidanan (The Journal Of Midwifery)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Jurnal Ilmiah Kebidanan (The Journal Of Midwifery) merupakann jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Kebidanan Poltekkes Denpasar secara berkala dua kali setahun. Tulisan yang dimuat berupa naskah/artikel hasil penelitian dan non penelitian di bidang asuhan kebidanan.
  2. Redaksi menerima naskah.artikel ilmiah, baik dari dalam maupun dari luar Jurusan Kebidanan Poltekkes Denpasar. Naskah/artikel yang dikirim belum pernah dimuat atau sedang diajukan untuk dimuat dalam media lain, baik dari dalam maupun luar negeri.
  3. Naskah yang dikirim belum tentu dimuat, tergantung pada pertimbangan dewan redaksi. Untuk naskah yang dimuat, dewan redaksi berhak mengubah isi naskah tanpa sepengetahuan penulis sepanjang tidak bertentangan dengan pokok tulisan. Untuk naskah yang ditolak, redaksi akan mengembalikan kepada penulis yang bersangkutan.
  4. Artikel dikirim sebanyak 3 eksemplar dan menyerahkan softcopy
  5. Sistematika penulisan naskah artikel penelitian :
    • Abstrak : abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris untuk artikel berbahasa Indonesia, sebaliknya artikel berbahasa Inggris abstraknya ditulis dalam Bahasa Indonesia. Abstrak memuat secara ringkas uraian masalah (background), tujuan (objective), metode (methods) dan hasil penelitian (result). Abstrak dibuat tidak melebihi dari 200 kata dan diikuti kata kunci (Keywords) dalam bahasa Inggris sebanyak 3-5 kata, dipisahkan dengan tanda ;
    • Pendahuluan : berisi permasalahan, tujuan dan rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti
    • Metode Penelitian : memuat rancangan penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan dan analisis data
    • Hasil penelitiandan pembahasan : memuat hasil analisis data ,pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan penelitian, temuan dan interpretasi temuan
    • Simpulan dan saran : menyajikan hasil dan pembahasan penelitian dalam bentuk simpulan serta saran yang bersifat operasional
    • Daftar pustaka : memuat sumber-sumber yang dikutip dalam tulisan/artikel (hanya sumber yang digunakan yang dimuat dalam daftar)
  6. Sistematika penulisan naskah artikel non penelitian :Artikel non penelitian bisa diterima dengan ketentuan topic yang diangkat bersifat actual, sedang hangat dibicarakan di masyarakat, mengandung unsure baru, baik data konkrit, pandangan baru, saran-saran dan atau opini. Dengan memuat ABSTRAK, PENDAHULUAN, PEMBAHASAN, SIMPULAN DAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA.
  7. Format Penulisan
    • Artikel diketik computer dengan program pengolah kata (Ms. Word). Jenis huruf yang digunakan Times New Roman dengan ukuran font 12, spasi 1,5 dengan ukuran kertas A4
    • Panjang artikel maksimal 20 halaman termasuk daftar pustaka
    • Khusus halaman depan (cover) memuat judul artikel, nama penulis, nama lembaga, abstrak dan kata kunci
    • Judul ditulis rata tengah dengan huruf capital Times New Roman ukuran 14, judul tidak melebihi 16 kata, hindari penggunaan singkatan dalam judul
    • Subjudul ditulis rata kiri dengan huruf capital diawal kalimat
    • Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isi tabel dan sumber kutipan jika ada
    • Situasi dalam artikel diikuti dengan nomor urut, judul yang sesuai dengan urutan pemunculan dalam masalah dituliskan sebagai superscript.
    • Daftar pustaka ditulis dengan Vancouver Style, contoh :
  • Abel R. The eye care revolution : prevent and reverse common vision problems. New York:Kensington Books;2004.
  • Cook DJ Philip, Philip L. To treat or treat? An empirical perspective. Dalam : Hollin, CR, editor. Handbook of effender assessment and treatment. Chichester: Wiley; 2001. P. 3-15
  • Akkad A, Jackson C, Kenyon S, Dixon – wood M. Habiba M. Patien’s perceptions of written concent: questionnaire study. BM Journal, 2006; 333:528-9
  • Merchant AT, Mahsis D, Behnke-cook D, Anand SS. Diet, physical activity, and adiposity in children in poor and rich neighborhoods; a cross sectional comparison, Nutr J. 2007;6 [accessed 10 Juli 2008) Available form : http://www.nutionj.com/conten/pdf/1475-2891-6-1.pdf
  • Lane C, Wilkonson F, Littek W, Heisig U, Browne J, Burchell B, et.al. The future of professionaised work : UK Gemany compared. London : Anglo – German Foundation for the Study of industrial Society; 2003 [accessed 11 Juli 2008]. Available form http://www.agf.org.uk/pubs/pdfs/1232web.pdf

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Copyright Notice

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.