PENGARUH PROGRAM 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN TERHADAP PRILAKU IBU DALAM PERAWATAN ANAK

Putu Susy Natha Astini, Ni Nyoman Hartati

Abstract


Abstract: The Effect of First 1000 Days of life Programe on Mother’s Behavior in Children Care. The purpose of this research to know about” The Effect of first 1000 Days of Life Program on Mother’s Behavior in children care”.This research used Quasi Experimental with non randomized Control Group Pretest Posttest Design. This study was conducted in Kubu Bangli, from June to October 2017, with sample 64 mothers with children under 2 years. Sampling technique  is  purposive sampling. Data Analysis used paired t-test and independent sample       t-test. Before they have trained the treatment group and control have score less, but after trained the treatment group have score better than control,  paired t test with significance α =0,05, obtained p value = 0,0001<0,05 means "significant pre and post comparison of each group. Result show the independent samples test with p value = 0.0001<0,05 means there is significant influence of 1000 Days of Life Program  on mother’ s behavior in children care. The advice is given that the mothers can apply their knowledge, attitude, and skills in caring for their children so that the children become healthy optimally.

 

 

Abstrak: Pengaruh Program 1000 Hari Pertama Kehidupan terhadap Prilaku Ibu dalam Perawatan Anak. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan  Pengaruh Program 1000 HPK terhadap Prilaku ibu dalam perawatan anak. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental   dengan rancangan penelitian   The  Nonrandomized with Control Group Pretest Posttest  Design.Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Kubu Bangli dari bulan Juni sampai Oktober 2017  dengan Jumlah sampel  64 orang ibu-ibu yang mempunyai anak  usia 0-2 tahun.  Pengambilan sampel dengan  Purposive  sampling. Analisa data menggunakan Uji t berpasangan dan uji t sampel bebas. Sebelum diberikan pelatihan kelompok perlakuan dan kontrol menunjukkan skor yang kurang, tetapi setelah diberikan pelatihan kelompok perlakuan menunjukkan skor yang baik dan kelompok kontrol cukup. Uji t berpasangan dengan signifikansi α = 0,05, diperoleh nilai p = 0,0001 < 0,05 berarti “ bermakna  perbandingan pre dan post masing-masing kelompok.  Hasil Uji t sampel bebas  menunjukkan p value = 0,0001< 0,05 artinya: Ada Pengaruh yang bermakna pemberian Program 1000 HPK terhadap Prilaku ibu dalam perawatan anak. Hasil yang diperoleh diharapkan ibu-ibu dapat mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan ketrampilannya dalam merawat anaknya sehingga anaknya menjadi sehat secara optimal.

Full Text:

PDF

References


Soetjiningsih, 2014, Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: EGC.

Julistio D, 2013. Pertumbuhan dan Kecerdasan pada Anak dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan

Achadi EL, 2014. Periode Kritis 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Dampak jangka panjang terhadap Kesehatan dan Fungsinya, FKM Universitas Indonesia.

Badan Litbangkes RI, 2013,, Riset Kesehatan Dasar, Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI, 2015. Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta: Jica.

Kerry A, 2014. The First 1000 Days, the University Melbourne

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Kartikawati, dkk, 2015.Pengaruh Klas Ibu Balita terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Ketrampilan dalam merawat balita di Sukarasa, Bandung.

Notoatmodjo, S.2010. Promosi Kesehatan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Mubarak, WI (2005), Buku Ajar Ilmu Keperawatan Komunitas 2, Jakarta: Sagung Seto.

Kurrachman, 2003. Pelatihan Pengukuran Status Gizi dan Palpasi Gondok terhadap Pengetahuan dan Ketrampilan, Semarang Tesis

Taufikqurrahman, 2011. Pengaruh Kelas Gizi terhadap Pengetahuan, sikap dan tindakan pola asuh ibu, Tesis

Septiari, BB, 2012, Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua, Yogjakarta: Nuha





Creative Commons License

Jurnal Gema Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.